Asmaul Husna

Asmaul Husna

Pesan

Kebahagian itu karena adanya cinta,maka jika tanpa cinta kebahagiaan akan sirna,jika kebahagian sirna akan tampaklah kegalauan hati, karena hati pengendali raga, maka jikalau sakit hati, sakitlah semua, oleh karenanya perolehlah cinta, kemanakah mencari cinta,tak perlulah mencarinya,karena cinta ada di manapun kita berada, bukanlah kiranya mencari,tetapi perkenankanlah mendekatinya, mendekat kepada penguasa cinta,pemilik alam semesta & tentulah sang Maha Agung yg bersifat tak seperti makhluk-Nya ...

Pages - Menu

Sunday, February 7, 2010

Valentine Day, Sorry Yah...

Bismillah….

Hmmm….bentar lagi tanggal 14 Februari ya?? so what? Konon….itu hari yang sakral, utamanya buat lagi kamsaran….eh salah…kasmaran. Hehe…sorry,,,ga terbiasa kasraman sih…

Valentines day…hari yang kayaknya begitu ditunggu sama anak-anak muda dunia, tak terkecuali Indonesia, dan tak terkecuali lagi anak muda muslim. Btw…udah pada tahu belum sejarahnya valentines day itu? hayo…jangan-jangan cuma ASTA alias asal tahu doank!

Yuk lirik sejarah valentines day dulu. Konon…pada masa kekaisaran Romawi, ada seorang pendeta (santo) bernama Valentine. Nah…suatu hari si pendeta ini masuk penjara karena tidak mau menuruti kemauan sang Kaisar untuk meninggalkan agama kristiani. Dalam versi lain diceritakan si Valentine dipenjara karena menentang kebijakan sang Kaisar yaitu memerintahkan setiap lelaki masuk menjadi tentara dan tidak diperbolehkan menikah. Karena menurut sang Kaisar kalo laki-laki menikah, pikirannya tidak akan fokus dan jelas dia tidak akan mau meninggalkan keluarganya hanya untuk menjadi tentara. Serem juga sih,,hehe..masa laki-laki ga boleh kawin ya??

Nah…si Valentine tidak bisa terima kebijakan itu, dan dia tetap membantu menikahkan para pemuda-pemudi pada masa itu walaupun harus secara rahasia. Tapi…akhirnya perbuatannya ini diketahui juga oleh Kaisar dan akhirnya dia pun dipenjara. Meski di penjara, Valentine tetap dalam kondisi ceria, tak sedikitpun tampak kesedihan diwajahnya. Dia ingin semua orang percaya tentang kekuatan cinta. selama di penjara, Valentine berteman dengan seorang gadis anak kepala sipir penjara. Mereka sangat akrab bahkan ketika Valentine harus di hukum mati, masih sempat dia tuliskan sebuah kata untuk sang gadis “ Love from your Valentine”. Hari kematiannya tepat tanggal 14 februari hingga akhirnya tanggal itu dijadikan sebagai puncak perayaan cinta.

Ehm…mengharukan ya?? pasti yang orangnya melankolis langsung bisa ngabisin tissue sekotak nih,,hehe.. BUT….bukan berarti karena sejarahnya mengharu biru begitu membuat kita ikut-ikutan merayakan.

Mengutip judul sebuah buku karya O Solihin, JANGAN JADI BEBEK! Alias jangan jadi generasi asal ikut tapi ga tahu juntrungannya. Istilah valentines day ga pernah ada di buku sejarah Indonesia, coba aja cek deh buku sejarah kamu dari SD sampe SMA, ada ga valentines day?? Kalo ada saya beli deh,,,,upss! Dan yang lebih penting lagi, valentines day juga ga pernah nongol dalam kebiasaan Islam. Karena itu sejarahnya orang-orang nasrani. Entah darimana datangnya si valentines day ini, pake ijin ga’ ya waktu masuk Indonesia? jangan-jangan illegal tuh…!

Lagian bingung juga, kok hari kasih sayang dikhususkan tanggal 14 februari sih?? Bukannya kasih sayang itu tiap hari ya? perayaan cintanya juga picisan banget gitu. Kencan berdua pake lilin, terus pelukan terus ciuman dan berakhir di…….???

Sobat muslim…Islam itu indah, segala sesuatu yang didalamnya juga indah termasuk tentang berkasih sayang. Islam itu menyempurnakan….jadi buat apa kita ngikuti budaya agama lain? Kita harusnya bangga karena dalam Islam, cinta itu diperlakukan dengan sangat indahnya, bukan dengan cara-cara yang justru merusak moral dan akhlak kita. Islam menuntun agar cinta itu terjaga dan tidak berubah menjadi nafsu. So…kurang apa lagi coba?

Rasulullah juga pernah bilang “barangsiapa mengikuti kebiasaan suatu kaum, maka ia termasuk dalam kaum itu”. nah lo…masih pengen jadi umat muslim ga?? Kita punya cara sendiri kok dalam hal berkasih sayang, jadi ngapain ngikutin yang lain??


Source by: FOSKI STMIK Banjarbaru

1 komentar:

  • Oby Wijaya says:
    Monday, 02 February, 2015

    Artikel diatas ada baik tujuannya, cuma saya mau klarifikasi bahwa Hari Valentine tgl 14 Februari tidak ada sangkut pautnya dengan ajaran Kristiani, karena satu-satunya ajaran tata cara hidup orang kristiani yaitu Al-Kitab sebagai pegangannya. Dan di dalam Al-Kitab tidak ada perayaan seperti itu. Terus dari mana perayaan itu datang? itu Perayaan orang Roma, tradisi orang Roma, sebelum agama Kristen ada. Karena Nasrani besar di Roma itu ikut terbawa2 dalam artian ajaran Nasrani juga berkembang ditempat lain dan tentu tidak tahu dan tidak mengikuti perayaan seperti itu. Roma sebagian besar menguasai dunia. Perhitungan tanggal, kalender yang kita pakai buatan mereka. Demikian informasi yg bisa saya sampaikan. :)

Post a Comment

Selamat berkunjung di blog saya, terima kasih.

Labels