Membuat File Resource (*.res)

بسم الله الرحمن الرحيم
File Resource yang berekstensi *.res adalah sebuah file yang digunakan untuk menyimpan file baik berupa image, audio, video dan lain-lain. Semua file yang disimpan dalam file resource berbentuk file yang telah dikompilasi menjadi bentuk biner.

File Resource sangat membantu dalam pemrograman, khusus dalam penyimpanan file yang hasilnya tidak bisa dibaca (Read Only) untuk mencegah kesalahan (Error) jika file hilang atau tidak ditemukan ketika di-load atau dimuat. File Resource akan dicompile digabung menjadi satu dengan file exe apllikasi. Sebagai contoh, kita membuat aplikasi menggunakan cursor yang berbeda atau bukan cursor default. Jika file cursor tersebut kita simpan kedalam folder, maka jika file cursor tersebut hilang tentu cursor tidak akan tampil. Beda jika kita menggunakan file resource, cursor akan digabung dengan file exe, walaupun file cursor dihapus, file cursor masih bisa dimuat, karena sudah satu bagian dengan file exe yang kita buat. 

Untuk pemrograman Delphi, telah disediakan compiler untuk membuat file resource yaitu Borland Resource Compiler. Berikut langkah-langkah untuk membuat file resource :

1. Buat file resource script dengan ekstensi .rc, contoh CobaRes.rc menggunakan text editor seperti notepad 2. Isi file tersebut dengan script dan path file yang akan dicompile, contoh seperti berikut :

Kaligrafi RCDATA C:\Users\Wahyudi\Documents\post_bolg\file_res\kaligrafi.jpg
Kaligrafi BITMAP "C:\Users\Wahyudi\Documents\post_bolg\file_res\kaligrafi.bmp"
SuaraBismillah RCDATA C:\Users\Wahyudi\Documents\post_bolg\file_res\Bissmillah.wav
CursorTangan CURSOR "C:\Users\Wahyudi\Documents\post_bolg\file_res\contohcursor.cur"

Teks tebal adalah path dan nama file lengkap dengan ekstensi di mana kita menyimpan file tersebut.
3. Setelah script di atas ditulis, kemudian compile file .rc menggunakan compiler resource bawaan deplhi, yaitu melalui Command Prompt (CMD)
4. Buka CMD.exe, masuk ke direktori penyimpanan file .rc yang tadi sudah dibuat
5. Ketikkan perintah BRCC32  [namafile.rc]

 










6. Jika tidak ada kesalahan, maka alhamdulillah file .res berhasil dibuat. 
7. Coba kita buka direktori penyimpanan file .rc, di sana ada file hasil kompilasi berupa file resource (*.res), tinggal kita menggunakan file .res tersebut ke dalam pemrograman.

Untuk membuat file resource, banyak tools yang digunakan, bukan hanya menggunakan compiler delphi. Salah satu dari banyak tools, yaitu Resource Editor. Resource Editor memberikan kemudahan bagi kita dalam mebuat file Resource dengan antarmuka berbasis visual. Silakan anda unduh Resource Editor dan File Demo yang saya sediakan.
  1. Resource Editor
  2. File Demo

Hanya itu yang bisa saya tulis, untuk penggunaan file resource dalam pemrogramam, insya Allah akan kita bahas nanti. Salah khilaf mohon maaf, mohon kritik dan saran pembaca yang terhormat. Terima Kasih, Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb. 
Daftar Pustaka 
Gajic, Z. (t.thn.). Inside the (Delphi) EXE. Dipetik Januari 20, 2012, dari About.com: http://delphi.about.com/od/objectpascalide/a/embed_resources.htm 

Wikipedia. (t.thn.). Resource (Windows). Dipetik Januari 20, 2012, dari Wikipedia: http://en.wikipedia.org/wiki/Resource_%28Windows%29

Comments

  1. aduh masih bingung nih mau tanya cara memanggilnya gimna ya .. maklum masih galauu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas komentarnya, berhubung kemaren lagi pulang kampung, jadi gak keurus blognya. Coba anda baca artikel lanjutan dari artikel ini, http://banuaanam.blogspot.com/2012/09/memasukkan-isi-file-res-ke-dalam-exe.html

      Delete
  2. kk, cara membaca RES file dengan komputer itu gimana ya??
    soalnya saya download game winrar, trus saya extract, dia jadi poweriso file. nah dalam file itu ada data RES gitu, jadi gamenya gak bisa saya mainin. tolong pencerahanya kk.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas komentarnya,
      Kalau maksud anda bagaimana membaca RES file atau lebih tepatnya mungkin melihat isi dari RES file, anda dapat gunakan tools Resource Editor yang telah disiapkan pada postingan ini. Namun, kalau berhubungan dengan permasalahan anda, game anda tidak bisa dimainkan, mohon maaf saya belum bisa memberikan solusi. Yang jelas, RES file pada umumnya sering digunakan oleh para programer dalam membuat atau mengembangkan suatu perangkat lunak / software, seperti halnya software game.
      Termia kasih

      Delete

Post a Comment

Selamat berkunjung di blog saya, terima kasih.

Popular posts from this blog

Pencarian String Menggunakan Delphi

Membuat Aplikasi Delphi Perhitungan Selisih Waktu