Asmaul Husna

Asmaul Husna

Pesan

Kebahagian itu karena adanya cinta,maka jika tanpa cinta kebahagiaan akan sirna,jika kebahagian sirna akan tampaklah kegalauan hati, karena hati pengendali raga, maka jikalau sakit hati, sakitlah semua, oleh karenanya perolehlah cinta, kemanakah mencari cinta,tak perlulah mencarinya,karena cinta ada di manapun kita berada, bukanlah kiranya mencari,tetapi perkenankanlah mendekatinya, mendekat kepada penguasa cinta,pemilik alam semesta & tentulah sang Maha Agung yg bersifat tak seperti makhluk-Nya ...

Pages - Menu

Thursday, September 10, 2015

Membuat Bootable USB Tanpa Aplikasi Tools Untuk Install Windows

بسم الله الرحمن الرحيم
Assalamu álaikum,
Sering kita untuk menginstall Windows melalui bootable CD/DVD atau bootable USB/Flashkdisk. Jika menggunakan CD/DVD mudah saja, kita tinggal melakukan burning file ISO dari Windows ke CD/DVD. Namun, jika melalui USB/Flashdisk kita perlu membuat USB/Flashdisk menjadi bootable, atau bisa dijalankan melalui BIOS seperti bootable CD/DVD.
Banyak aplikasi tools yang bisa digunakan untuk membuat bootable USB, baik khusus untuk instalasi OS seperti Windows maupun untuk kepentingan lain seperti backup dan restore data, partisi disk drive dan lain-lain. Selain memakai aplikasi tools, bisa juga menggunakan perintah-perintah pada Command Prompt.
Khusus untuk membuat bootable USB instalasi Windows, ada cara yang lebih mudah yaitu cukup dengan menggunakan File Explorer. Berikut saya jelaskan langkah-langkah membuat bootable USB untuk instalasi Windows menggunakan File Explorer:

  1. Colok USB Flashdisk terlebih dahulu (harus)
    Masukkan Flashdisk
    Flashdisk Terdeteksi (tidak rusak)
      
  2. Format Flashdisk dengan pilihan File System "NTFS" (lebih baik data-data penting di dalam Flashdisk diamankan dulu) 
    Quick Format dengan File System NTFS

    Properties Flashdisk setelah di format
  3. Extract atau Mount file ISO installer Windows, jika kita menggunakan OS Windows 8 atau yang terbaru bisa langsung melakukan Mount dengan cara klik kanan, pilih Mount pada popup menu 
    Mount file ISO

  4. Copy hasil extract atau mount dari file ISO ke USB Flashdisk hingga semua file selesai di-copy 
    File hasil extract/Mount dari file ISO

    Copy ke Flashdisk
  5. Jika sudah selesai, untuk mencoba USB Flashdisk sudah bootable atau belum silahkan restart PC/Laptop kemudian masuk ke BIOS pilih prioritas Boot ke Flashdisk.
Jika bootable berhasil, maka lanjutkan instalasi Windows. Penting, agar USB Flashdisk yang dipakai kapasitasnya minimal sama dengan file hasil extract/mount dari file ISO dan tentu bebas dari virus.
Sekian dulu, semoga bermanfaat untuk kita semua menjadi amal kebaikan. Mohon kritik dan saran dari pengunjung/pembaca terhormat melalui kolom komentar. Terima kasih.
Wassalamu 'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

0 komentar:

Post a Comment

Selamat berkunjung di blog saya, terima kasih.

Labels