Konfigurasi NicEdit Upload Gambar Untuk CodeIgniter

بسم الله الرحمن الرحيم
Alhamdulillah, pada kesempatan ini, semoga penuh berkah dan rahmat Allah Subhanahu Wa Ta'ala, aamiin. Saya kembali berbagi tips bahasa pemrograman PHP. Sekarang saya berbagi tips bagaimana memanfaatkan fitur Upload Image dari salah satu text editor WYSIWYG, yaitu NicEdit (unduh di sini) dengan menggunakan framework CodeIgniter (unduh di sini).
NicEdit memang menurut saya adalah teks editor yang sederhana namun kaya akan fitur untuk kostum element textarea pada html (bisa dilihat di sini). Namun ada beberapa permasalahan, berdasarkan pengalaman saya, yaitu fitur Upload Image yang tidak bisa dipakai ketika kondisi tidak terkoneksi internet. Memang pengembang NicEdit menggunakan image hosting dari Imgur.
Saya kemudian mencari artikel dari website untuk solusi hal ini dan saya dapatkan pada sebuah blog di link ini: http://manzzup.blogspot.co.id/2014/03/customize-nicedit-image-upload-to.html.
Pada blog tersebut kode program menggunakan kode PHP Native (PHP murni tanpa framework), dengan kode program seperti berikut:
<?php
//Check if we are getting the image
if(isset($_FILES['image'])){
        //Get the image array of details
        $img = $_FILES['image'];      
        //The new path of the uploaded image, rand is just used for the sake of it
        $path = "upload/" . rand().$img["name"];
        //Move the file to our new path
        move_uploaded_file($img['tmp_name'],$path);
        //Get image info, reuiqred to biuld the JSON object
        $data = getimagesize($path);
        //The direct link to the uploaded image, this might varyu depending on your script location   
        $link = "http://$_SERVER[HTTP_HOST]"."/nicedit/".$path;
        //Here we are constructing the JSON Object
        $res = array("upload" => array(
                                "links" => array("original" => $link),
                                "image" => array("width" => $data[0],
                                                 "height" => $data[1]
                                                )                             
                    ));
        //echo out the response :)
        echo json_encode($res);
}
?
>
Berpedoman pada kode program tersebut, saya mencoba untuk menerapkannya pada CodeIgniter, alhamdulillah berhasil. Berikut kode program menggunakan framework CodeIgniter:
<?php
defined('BASEPATH') OR exit('No direct script access allowed');
class NiceUpload extends CI_Controller {
    function __construct() {
        parent::__construct();
    }

    public function index(){
        $config = array(
            'upload_path' => './assets/unggah/',
            'allowed_types' => "jpg",
            'overwrite' => TRUE,
            'max_size' => "2560",
            'file_name' => md5(date('YmdHis')).'.jpg'
        );
        $this->load->library('upload', $config);
        $this->upload->do_upload('image');
        $data = array(
                'width'=>$this->upload->data('image_width'),
                'height'=>$this->upload->data('image_height'),
                'file_name'=>$this->upload->data('file_name')
            );
        $link = base_url().'assets/
unggah/'.$data['file_name'];
        $res = array("data" => array(
                'link' => $link,
                'width' => $data['width'],
                'height' => $data['height'])
            );
        echo json_encode($res);
    }
}

Berikut ini screenshoot program aplikasi yang saya coba tanpa menggunakan koneksi internet untuk mencoba apakah upload image masih ke hosting Imgur atau ke server localhost komputer saya:


Untuk NicEdit saya menggunakan versi 0.9 r25 dan CodeIgniter versi  3.0.0.
Contoh program bisa di unduh pada link berikut:
[2]. Mediafire

Mohon kritik dan saran yang membangun dari pengunjung terhormat.
Wassalamu 'Alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh

Ingin tahu lebih banyak tentang Tradisi, Budaya dan Informasi Kalimantan Selatan? Klik di sini.

Comments

  1. gan ini sangat membantu sekali....tp aku eksekusi ko kluar popup filled to upload image

    ReplyDelete
  2. @hallusinacious hallu : terima kasih masukannya, memang ada sedikit kesalahan kode program pada file yg saya upload, link download sudah saya update.

    ReplyDelete

Post a Comment

Selamat berkunjung di blog saya, terima kasih.

Popular posts from this blog

Pencarian String Menggunakan Delphi

Membuat Aplikasi Delphi Perhitungan Selisih Waktu